Assalamualaikum sahabat makro, teman saya suka ngeluh karena dia pake prosumer hasil makro yang didapat katanya ga terlalu bagus, dan suka minder ketika hunbar sama yang pake DSLR.

Menurut saya si ga masalah kamera kita prosumer atau DSLR, memang kan kamera DSLR dan prosumer ga jauh beda.

Mulaikanlah dengan niat dan rajin-rajin berlatih, kebetulan kamera saya juga prosumer, memang pada awalnya hasil yang saya dapat tidak terlalu bagus tetapi karna saya semangat untuk terus berlatih memencet shutter dan membidik objek sefokus mungkin, ya hasilnya sekarang lumayan.

Nah, ini dia perkembangan yang saya dapat ketika pertama kali mencoba makro dengan prosumer saya dengan sekarang :

Hasil pertama kali mencoba.


Hasil sekarang.

Bagaimana? terlihat kan perbandingannya? jadi sebenarnya, tidak masalah apakah kamera kita prosumer atau DSLR, asalkan ada niat di hati untuk menampilkan yang terbaik dan didukung dengan kemauan yang tinggi pasti kita bisa mendapat hasil terbaik yang kita inginkan.

Semoga bermanfaat dan salam selalu :).