Assalamualaikum sahabat makro, ya sesuai judulnya " Diffuser flash itu penting!" kali ini saya akan membahas tentang diffuser flash.

Ya diffuser flash itu sendiri menurut saya adalah semacam benda yang diletakkan pada flash kamera agar cahaya flash tidak terlalu keras pada objek, seperti yang kita ketahui fotografi makro sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup agar tidak menghasilkan noise pada hasil foto.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan foto perbandingan antara flash menggunakan diffuser dan tidak, dengan objek benda mati :

Tanpa Diffuser.


Dengan Diffuser

Tanpa Diffuser


Dengan Diffuser


Tanpa Diffuser


Dengan Diffuser

Lihat perbedaan bayangan yang dihasilkan flash dengan diffuser dan tanpa diffuser :


Dengan Diffuser


Tanpa Diffuser

Ya itu perbedaan hasil foto dengan flash tanpa diffuser dan menggunakan diffuser, untuk diffusernya sendiri saya menggunakan kertas hvs dilapis tisu. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat, keep jepret selalu :).