Assalamualaikum sahabat makro, seperti judulnya "perbedaan kupu-kupu dan ngengat" maka kali ini saya akan membahas tentang apa sih bedanya? kebanyakan orang menganggap kedua serangga ini sama memang kalau dilihat mereka memang mirip, kadang orang bila bertemu dengan ngengat akan menyebutnya sebagai kupu-kupu padahal sebenarnya itu bukan kupu-kupu melainkan ngengat.


Foto Kupu-kupu.


Foto Ngengat.

Ngengat dan kupu-kupu, kedua-duanya termasuk ke dalam Ordo Lepidoptera. Kata Lepidoptera berasal dari bahasa Yunani yaitu Lepidos (sisik) dan Ptera (sayap) dengan demikian berarti serangga yang mempunyai sayang yang bersisik. Dan dari foto diatas bisa terlihat perbedaan kupu-kupu dan ngengat yaitu :

1. Bentuk sayap kupu-kupu cenderung lebih megar dibanding ngengat.
2. Dilihat dari ukuran ulat ngengat lebih besar dibanding kupu-kupu.
3. Jika di perhatikan, cara mereka terbang pun juga berbeda.

Ya itu sedikit tentang perbedaan kupu-kupu dengan ngengat, seperti yang kita tau sahabat makro kupu-kupu memang populasinya bisa dibilang masih lumayan banyak karena kemanapun kita pergi mereka selalu ada berterbangan dimana-mana, sedangkan ngengat untuk saya pribadi sangat jarang melihat jenis serangga yang satu ini, selalu jaga lingkungan alam sekitar agar serangga dan semua makhluk hidup di bumi tetap dapat bertahan hidup di bumi ini :)