Assalamualaikum sahabat makro,

bagi fotografer makro pasti sebagian dari mereka sudah menganggap serangga bagi teman mainnya sendiri hehehe karena saya juga demikian :D, selain dalam hal ukuran, menurut saya kendala untuk memotret makro adalah perilaku serangga itu sendiri. Perilaku serangga yang membuat saya kesulitan untuk memotretnya adalah kelincahan dan kegesitannya dalam berpindah tempat.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share foto 3 serangga tergesi :

1. Lalat


Lalat adalah serangga yang bisa dibilang memiliki respon yang cukup cepat terhadap segala sesuatu yang hendak mendekati dirinya, maka bisa dikatakan sulit untuk memotret serangga yang satu ini. Cobalah untuk berhati-hati dan mengendap mendekati serangga ini untuk bisa mendapatkan fotonya, jika tidak maka lalat akan keburu terbang hehehe.

2. Belalang


Ya belalang, memang cukup sulit untuk saya memotret serangga ini, karena ia juga sangat sensitif terhadap gerakan di sekitarnya. Serangga seperti ini banyak hidup di ilalang/semak-semak tinggi, sedikit saja sahabat makro menyenggol rumput-rumput disekitar tempat belalang itu bertengger maka dengan cepat ia melompat menjauhi sahabat.

3. Laba-laba



Serangga yang satu ini memang sudah terkenal dengan julukan jumper atau pelompat. Dan kebiasaanya melompat inilah yang membuat serangga ini agak sulit untuk di foto. Yang saya kagum dari laba-laba adalah bisa membuat jaring yang sedemikian kuat untuk menampung dirinya dan mangsanya walau angin kencang tetap saja jaring itu bertahan.

Ya itu dia tentang 3 serangga tergesit untuk di foto, semoga postingan saya kali ini bermanfaat ya salam jepret selalu :).